Tuesday, December 30, 2008

Memandikan dan Mencuci rambut Bayi

Memandikan dan mencuci rambut bayi bagi orang tua yang baru memiliki momongan bukanlah masalah yang mudah. Kondisi bayi yang masih lemah dan tidak berdaya membuat perasaan tegang bagi orang tua pada umumnya. Namun perasaan itu bisa anda sirnakan, cobalah tips berikut untuk anda coba.


CARA MEMANDIKAN BAYI :

1. Siapkan perlak, wash lap, sabun mandi cair dan shampoo khusus untuk bayi, serta air hangat.

2. Letakkan bayi di atas meja bayi (baby tafel), kemudian lepaskan popok dan baju bayi.

3. Gunakanlah wash lap yang telah dibasahi dengan air hangat, basuhlah seluruh permukaan tubuh bayi dengan perlahan secara merata.

4. Tuangkan sabun mandi cair khusus untuk bayi sedikit pada wash lap, bersihkan tubuh bayi secara perlahan serta perhatikan pula bagian alat kelamin, pantat, lipatan ketiak, lutut, dan pahanya

5. Basuhlah wajahnya dengan hati-hati, agar busa sabun tidak mengenai mata. Gunakanlah kapas bulat untuk membersihkan kotoran mata yang menempel pada sudut-sudut mata bayi. Gunakanlah cotton bud untuk membersihkan hidung dan telinganya.

6. Bilaslah seluruh badan bayi dengan air hangat yang bersih.


CARA MENCUCI RAMBUT BAYI :

1. Gunakanlah shampoo khusus untuk bayi, basahi rambut bayi terlebih dahulu, tuangkan sedikit shampoo dan gosokkan pada rambutnya hingga berbusa, bilaslah rambutnya dengan air hangat hingga bersih.

2. Setelah selesai, keringkan seluruh tubuh dan rambutnya dengan menggunakan handuk.

3. Berikan bedak bayi atau minyak telon ke seluruh permukaan tubuh bayi sesuai kebiasaan.

No comments:

Post a Comment