Wednesday, December 31, 2008

Memberikan Susu Formula untuk pertama kali kepada Bayi

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber zat gizi terbaik untuk bayi anda. Oleh karena semua komponen zat gizi yang terkandung di dalam ASI merupakan komponen terlengkap yang dibutuhkan oleh si bayi. Hingga saat ini belum ada zat-zat gizi lain pengganti yang dapat menandingi Air Susu Ibu. Sehingga hampir dapat dipastikan apabila anda memberikan ASI secara rutin, maka pertumbuhan bayi anda jarang akan mengalami gangguan atau hambatan yang berarti.

Namun demikian tidak semua Ibu memperoleh keberuntungan dan kesempatan untuk memberikan ASI kepada bayinya, dikarenakan satu dan lain hal. Yang oleh karenanya pemenuhan gizi bayi mau tidak mau harus didapatkan melalui pemberian susu formula.

Berikut tips bagi Ibu muda untuk memberikan susu formula pertama kali :

1. Pertama, latihlah bayi anda terlebih dahulu dengan menggunakan sendok kecil untuk menyuapi susu formula kepada bayi anda.

2. Pada awalnya jangan biarkan bayi anda tertidur ketika ia sedang anda suapi susu, sebab hal ini akan menyebabkan bayi menjadi kembung dan merasa kenyang.

3. Untuk itu gendonglah bayi anda dan tepuk-tepuk punggungnya, agar bayi bisa bersendawa sebelum diletakkan di tempat tidur. Jika tidak demikian biasanya bayi akan mengalami gumoh, yaitu memuntahkan sedikit susu yang disebabkan masih ada sisa susu di mulut si bayi.

4. Apabila bayi sudah bisa meminum susu selanjutnya gunakanlah botol susu bayi untuk meminumkan susu formula pada bayi anda.

5. Selanjutnya, siapkan botol susu bayi ukuran 120 ml dan dot bayi ukuran S (Small). Biasanya bayi bisa meminum 5 (lima) sampai 6 (enam) botol sehari.

6. Sterilkan terlebih dahulu botol susu dan dot bayi di dalam alat baby care booster atau steamer.

7. Ada baiknya konsultasikan kepada Dokter anak anda (bila diperlukan) sebelum memilih susu formula yang tepat untuk diberikan kepada bayi anda. Oleh karena pengalaman penulis pernah menemui bayi-bayi yang alergi terhadap jenis susu formula yang mengandung susu sapi, maka untuk alternatif kedua berikanlah bayi anda susu formula yang mengandung soya atau kacang kedelai. Dampak alergi biasanya akan muncul bercak-bercak merah di kulit badan, kaki bahkan wajah.

No comments:

Post a Comment